Manfaat sekaligus Bahaya Buah Viral Black Sapote

Admin
0

Kalian pasti sering dengar buah yang sedang viral ini yaitu Black sapote atau "chocolate pudding fruit". Buah ini awalnya merupakan buah eksotis yang populer di Amerika Tengah dan Selatan. Meskipun demikian, beberapa penggemar buah dan penikmat makanan eksotis telah mempopulerkan black sapote melalui berbagai platform media sosial seperti Instagram dan TikTok. Beberapa video dan foto menunjukkan bagaimana daging buah yang halus dan lembut dari black sapote dapat digunakan sebagai pengganti cokelat dalam berbagai resep, seperti pudding, smoothie, atau es krim. 

Selain rasanya yang enak, ternyata Black Sapote juga bisa membahayakan kesehatan bagi kita lho. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas apa saja manfaat serta bahaya yang dapat ditimbulkan buah viral ini


Manfaat Black Sapote

Selain memiliki tekstur yang lembut, berair, dan memiliki rasa manis yang mirip dengan cokelat, black sapote juga bermanfaat bagi kesehatan kita. Berikut adalah beberapa dari manfaat buah Black Sapote ini :

1. Kaya akan antioksidan: Black sapote mengandung banyak antioksidan, seperti vitamin C dan beta-karoten, yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel dan radikal bebas.

2. Baik untuk pencernaan: Kandungan serat dalam black sapote dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan dan mencegah sembelit.

3. Menjaga kesehatan jantung: Black sapote rendah lemak dan kolesterol, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Menjaga kesehatan mata: Kandungan vitamin A dan lutein dalam black sapote dapat membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah degenerasi makula.Meningkatkan sistem kekebalan tubuh:

5. Black sapote kaya akan vitamin C dan nutrisi lainnya yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari infeksi.

Bahaya Black Sapote

Seperti halnya buah-buahan lainnya, konsumsi dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan beberapa efek samping. Beberapa kemungkinan bahaya atau efek samping dari konsumsi black sapote yang berlebihan adalah sebagai berikut:
1. Kandungan gula yang tinggi: Black sapote memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, sehingga konsumsi yang berlebihan dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes, dan masalah kesehatan terkait gula darah.
2. Masalah pencernaan: Konsumsi black sapote dalam jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti diare, kram perut, dan mual.
3. Alergi: Beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi black sapote, terutama jika mereka memiliki alergi terhadap buah tropis lainnya seperti mangga atau pepaya.
4. Interaksi obat: Konsumsi black sapote secara bersamaan dengan obat tertentu dapat menghasilkan interaksi yang merugikan. Misalnya, black sapote dapat meningkatkan efek obat tekanan darah dan obat diabetes.
5. Keracunan: Konsumsi black sapote yang belum matang sepenuhnya dapat menyebabkan keracunan, karena mengandung saponin yang dapat menyebabkan muntah, sakit perut, dan diare.


So, bagi kalian yang ingin mengkonsumsi buah ini, perlu dicermati ya agar kalian mendapatkan manfaat yang besar ketimbang mendapatkan dampak negatifnya. 

Post a Comment

0Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Post a Comment (0)

Disclaimer : Content provided on this page is for general informational purposes only. We make no representation or warranty of any kind, express or implied, regarding the accuracy, adequacy, validity, reliability, availability or completeness of any information.

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top