Kelebihan dan Kekurangan ( USG vs Mammografi)

Admin
1


Versi PDF tersedia pada link berikut : USG vs MAMMOGRAFI.pdf

Mammografi adalah pemeriksaan radiografi yang didesain khusus untuk mendeteksi patologi pada payudara. Mammografi menggunakan sinar-X dosis rendah (umumnya berkisar 0,7 mSv) untuk melihat beberapa tipe tumor dan kista, dan telah terbukti dapat mengurangi mortalitas akibat kanker payudara. Pada umumnya mammografi dimanfaatkan untuk deteksi awal atau skrining dari gejala adanya tumor payudara.
Secara teknis mammografi dilakukan dengan cara melakukan penekanan pada area payudara kemudian menggunakan sinar X dengan radiasi yang sangat rendah tersebut untuk mendapatkan gambaran dari payudara. Deteksi yang dilakukan adalah mencari adanya pengapuran halus pada payudara yang dapat menjadi cikal bakal kanker payudara. Mammografi juga dapat mendeteksi anomali dalam ukuran yang sangat kecil yang tidak teraba.
Pada aplikasinya, terdapat 3 fungsi utama dari mammografi yaitu :

1. Mammografi skrining yaitu dilakukan untuk perempuan yang tidak mempunyai gejala-gejala kanker payudara. Ketika usia Anda mencapai 40, Anda sebaiknya menjalani mammografi setiap satu atau dua tahun.
2. Mammografi diagnostik yaitu dilakukan ketika seorang perempuan memiliki gejala-gejala kanker payudara atau terdapat benjolan di payudara. Mammogram ini memakan waktu lebih lama karena gambar payudara yang diambil lebih banyak.
3.  Mammografi digital yaitu mengambil gambaran elektronik payudara dan menyimpannya langsung di komputer. Penelitian terbaru tidak menunjukkan bahwa gambaran digital lebih baik dalam menemukan kanker daripada film sinar X.

Kelebihan mamografi dalam dunia medis yaitu jika pemeriksaan mamografi di lakukan oleh yang benar-benar ahli, maka mamografi dapat mendeteksi adanya jenis tumor ductal carcinoma in situ (DCIS) - jenis tumor yang paling tidak membahayakan , yang pada pemeriksaan fisik tidak akan bisa terdeteksi.
Namun, dibalik kelebihannya terdapat pula beberapa kelemahan mammografi dalam hal mendeteksi kanker payudara yaitu :

Versi PDF tersedia pada link berikut : USG vs MAMMOGRAFI.pdf

1. Mammografi kurang sensitif jika digunakan untuk memeriksa wanita muda dengan payudara padat dan belum melahirkan. Selain itu, mammografi juga tidak bisa membedakan anatara anomali padat dan anomali cair. Jika demikian, maka perlu pemeriksaan USG untuk mendapatkan hasil yang tepat.
2.“Negatif palsu” dapat terjadi. Artinya, semuanya terlihat normal tetapi sebenarnya terdapat kanker. Negatif palsu jarang terjadi. Perempuan yang lebih muda lebih cenderung mendapatkan hasil mammogram negatif palsu daripada perempuan yang lebih tua. Hal ini disebabkan jaringan payudara lebih padat sehingga kanker lebih sulit terlihat.
3. “Positif palsu” dapat terjadi. Hal ini terjadi ketika hasil mammogram menunjukkan adanya kanker, walaupun sebenarnya tidak ada. Positif palsu lebih sering terjadi pada perempuan yang lebih muda daripada perempuan yang lebih tua.

Selain mammograf, salah satu teknik deteksi kanker payudara adalah dengan menggunakan Ultrasonografi (USG). Ultrasonografi (USG) adalah pemeriksaan dalam bidang penunjang diagnostic yang memanfaatkan gelombang ultrasonik dengan frekuensi yang tinggi dalam menghasilkan citra, tanpa menggunakan radiasi, tidak menimbulkan rasa sakit (non traumatic), tidak menimbulkan efek samping (non invasif).
Ultrasonografi dalam bidang kesehatan bertujuan untuk pemeriksaan organ-organ tubuh yang dapat diketahui bentuk, ukuran anatomis, gerakan, serta hubungannya dengan jaringan lain disekitarnya. Prinsip kerja dari USG yaitu dimulai dengan transducer yang bekerja sebagai pemancar dan sekaligus penerima gelombang suara. Pulsa listrik yang dihasilkan oleh generator diubah menjadi energi akustik oleh transducer yang dipancarkan dengan arah tertentu pada bagian tubuh yang akan dipelajari. Sebagian akan dipantulkan dan sebagian lagi akan merambat terus menembus jaringan yang akan menimbulkan bermacam-macam pantulan sesuai dengan jaringan yang dilaluinya. Pantulan gema yang berasal dari jaringan-jaringan tersebut akan membentur transducer dan akan ditangkap oleh transducer, dan kemudian diubah menjadi pulsa listrik lalu diperkuat dan selanjutnya diperlihatkan dalam bentuk cahaya pada layar monitor. Gelombang ini kemudian diteruskan ke tabung sinar katoda melalui recevier seterusnya ditampilkan sebagai gambar di layar monitor.             
Bbeberapa kelebihan dari utama USG diantaranya adalah :

Versi PDF tersedia pada link berikut : USG vs MAMMOGRAFI.pdf

   1. Pasien dapat diperiksa langsung tanpa persiapan dan memberi hasil yang cepat.
   2. Bersifat non invasif (tidak terjadi efek samping) sehingga dapat dilakukan pula pada anak-anak. Aman untuk pasien dan operator, karena tidak tergantung pada radiasi ionisasi.
   3. Dapat membedakan jenis jaringan dengan melihat perbedaan interaksi dengan gelombang
   4. Dapat juga mendeteksi kanker payudara, dan lainnya.

Telah disebutkan bahwa USG juga dapat dimanfaatkan untuk mendeteksii kanker pada payudara. Berbeda dengan pemeriksaan mammografi yang menggunakan  sinar x,pemeriksaan USG dilakukan dengan gelombang ultrasound dan bisa dilakukan berulang ulang. Selain itu USG  sangat baik untuk membedakan massa padat dan cair yang menjadi kekurangan pada mammografi.
Namun, dibandingkan dengan mammografi ,USG juga memiliki kekurangan dalam hal resolusi citra yang dihasilkan sangat tinggi. Sedangkan dengan menggunakan USG diperlukan frekuensi diatas 10 MHz untuk menghasilkan citra dengan resolusi mumpuni.
Diantara cara-cara deteksi dini tersebut, ternyata yang memiliki angka ketepatan tinggi untuk mendeteksi kanker payudara ukuran kecil adalah dengan mamografi. Pemeriksaan klinis USG saja spesifitas dan sensitivitasnya sekitar 40-50% , sedangkan mamografi sensitivitas dan spesifitasnya mendekati 80-90% .Namun, dalam pelaksanaannya tidak jarang kedua metode ini digabungkan secara bersama. Dari hasil penelitian Sachin et.al (2007) dengan menggabungkan mammografi dan USG akurasi pencitraan meningkat menjadi 97%.

Versi PDF tersedia pada link berikut : USG vs MAMMOGRAFI.pdf



Post a Comment

1Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Post a Comment

Disclaimer : Content provided on this page is for general informational purposes only. We make no representation or warranty of any kind, express or implied, regarding the accuracy, adequacy, validity, reliability, availability or completeness of any information.

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top