Cara Buat Menu Bar pada GUI MATLAB

Admin
0

Tutorial dalam bentuk video dapat dilihat disini

Penggunaan menu bar tentunya memiliki keunggulan tersendiri pada sebuah program. Selain irit akan space, tentunya juga akan membuat program interface yang dibuat terlihat lebih elegan. Berikut salah satu contoh menubar yang sering kita temui pada bebearapa program komputer :

Pada software MATLAB, fasilitas tersebut sudah tersedia pada GUI MATLAB. Selain membuat menu bar, kita juga dapat menambahkan sub-menunya. Untuk memulainya silahkan di di menu Tools >> Menu Editor. Maka akan muncul jendela seperti dibawah ini :

Tutorial dalam bentuk video dapat dilihat disini
Untuk mulai menambahkan menu bar, silahkan klik pada bagian new bar seperti yang dilingkari warna merah lalu sesuaikan tag dan labelnya tergantung pada keperluan Anda.  Untuk  dapat menambahkan sub-menu, klik icon yang disebelahnya dan lakukakan penyesuaian sesuai kebutuhan keinginan.
Untuk menambahkan action pada tiap bar tersebut, klik bar yang akan diaktifkan lalu klik "view" pada bagian callback, disana Anda dapat menyesuaikan action apa yang akan dilakukan oleh bar tersebut apabila diklik nantinya. Berikut contoh tampilan menubar yang dibuat apabila di run.
Semoga bermanfaat. silahkan di share.

Tutorial dalam bentuk video dapat dilihat disini

Post a Comment

0Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Post a Comment (0)

Disclaimer : Content provided on this page is for general informational purposes only. We make no representation or warranty of any kind, express or implied, regarding the accuracy, adequacy, validity, reliability, availability or completeness of any information.

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top